Enter your keyword

Serial Fuel Injection dan ECU (2) Fuel Injection Adalah Teknologi Pintar Yang Gampang Perawatan

Serial Fuel Injection dan ECU (2) Fuel Injection Adalah Teknologi Pintar Yang Gampang Perawatan

Serial Fuel Injection dan ECU (2) Fuel Injection Adalah Teknologi Pintar Yang Gampang Perawatan

Fuel Injection, OX. Pengaplikasian Fuel Injection di motor sejatinya tidak hanya untuk memenuhi standart regulasi emisi gas buang yaitu Euro 3. Namun pemilihan teknologi injeksi sudah pasti mempunyai kelebihan lain diantaranya meningkatkan performa motor, meningkatkan efisiensi pemakaian bahan bakar, perawatan yang mudah dan adaptasi dengan suhu udara yang cepat.

Seperti diketahui emisi gas buang sangat tergantung dari tingkat kesempurnaan pembakaran, dimana tingkat kesempurnaan pembakaran dipengaruhi oleh komposisi campuran bahan bakar dan udara yang masuk ruang bakar dan sempurnanya prosee pembakaran. Tak ayal tenaga yang dihasilkan maksimal dan bensin lebih efesien.

Nah, dengan sistem injeksi jumlah udara dan bahan bakar yang tercampur dihitung tepat oleh komponen terpisah bernama Elecktronik Control Unit (ECU), yang mana tingkat kebutuhan bensin dan udara tergantung dari input beberapa sensor pendukung yang terpasang. Mulai dari sensor kecepatan hingga sensor suhu mesin, sehingga menghasilkan perhitungan Air Fuel Ratio (AFR) yang sangat akurat.

Dengan sempurnanya pembakaran maka tenaga yang dihasilkan-pun menjadi meningkat. Karena saat pembakaran tenaga yang dihasilkan untuk mendorong piston menjadi maksimal. Selain meningkatkan tenaga, dengan sempurnanya pembakaran juga meningkatkan efisensi penggunaan bahan bakar.

Penggunaan sistem injeksi pada prinsipnya bahan bakar langsung di semprotkan oleh injektor ruang bakar melalui intake, dengan jumlah debit yang dibutuhkan sesuai dengan perintah dari ECU. ECU sendiri telah mendapatkan masukan dari sensor-sensor pada titik-titik yang telah ditentukan, sehingga tidak ada lagi kekurangan bahan bakar atau yang terbuang karena kelebihan.

Untuk perawatanya tidak begitu sulit karena komponen Fuel Injection tidak harus lakukan bongkar-pasang seperti motor yang masih gunakan karburator. Namun pemilik kendaraan jenis ini cukup dengan membersihkan filter udara agar pasokan udara tetap stabil, serta pengisian bahan bakar yang kebersihanya terjamin agar injektor tidak mudah kotor.

Jika injektor kotor-pun pemilik motor cukup menggunakan injektor clener agar motor dapat kembali digunakan. Bahkan jika terjadi problem atau kerusakan pada peranti ini dengan mudah terbaca oleh lampu indikator di panel spidometer.

(www.otomotifxtra.com)

Translate »