Enter your keyword

Serial Fuel Injection dan ECU (3) Mengenal Sensor-Sensor Pendukung Kinerja ECU Pada Kendaraan Bermotor

Serial Fuel Injection dan ECU (3) Mengenal Sensor-Sensor Pendukung Kinerja ECU Pada Kendaraan Bermotor

Serial Fuel Injection dan ECU (3) Mengenal Sensor-Sensor Pendukung Kinerja ECU Pada Kendaraan Bermotor

Sensor Injection, OX. Sebagai otaknya motor injeksi, ECU dibantu oleh sensor yang mengirimkan data. Ibarat tubuh manusia, otak sebagai pusat kontrol, dalam bekerja dibantu oleh panca indra. Seperti hidung untuk mencium, kuit untuk perasa, mata untuk melihat dan lain-lain. Nah, di motor injeksi, sensor-sensor inilah sebagai indra yang melaporkan segala informasi motor ke ECU.

Namanya juga ‘indra’pasti jumlahnya tidak satu. Banyak bro. Yuk kita preteli satu persatu. Sebagai contoh, kita bongkar didtem injeksi dari motor Honda.

Yang pertama adalah Throttle Position Sensor (TPS). Posisi sensornya terletak di samping throttle body. Sensor ini juga terkoneksi dengan throttle plate atau pelat kupu-kupu di dalam throttle body.

Bahasa gaulnya, sensor bukaan gas. Namanya bukaan gas, berarti dia merekam kebiasaan kita dalam memelintir gas. Di motor karburator, peranti ini disebut skep yang naik turun di dalam karburator. Setiap gas diplintir, maka skep akan naik. Di dalamnya ada jarum skep. Jarum skep ini berfungsi sebagai penutup lubang needle jet yang dapat membuka sesuai bukaan gas dan penentu debit gas dan bahan bakar.

Semakin besar jarum, maka lubang yang terbuka akan semakin kecil. Bahan bakar yang menyembur tidak banyak . Semakin runcing, maka lubang yang terbuka semakin besar dan bahan bakar yang masuk menjadi lebih banyak

“Nah, di injeksi, tugas skep ini digantikan oleh TPS. Tugasnya untuk mengetahui besar bukan gas. Lalu meneruskan infromasi pada ECU. Lantas ECU memerintahkan injektor menyemburkan bahan bakar yang sesuai ke dalam ke ruang bakar,” tegas Haris Shakti Wibowo alias Mlethies. Dia adalah mekanik tim Yamaha Yamalube KYT IRC Trijaya yang juga disupport Rextor.

Ibarat tubuh manusia, TPS ini seperti kaki. Saat kita berjalan normal, maka kebutuhan minum dan udara akan sedikit. Tapi, semakin kita berlari, maka sensor akan mengirimkan ke otak untuk meminta energi lebih. Begitu, bro.

Makanya, TPS ini juga menjadi dasar mekanik dalam setting motor injeksi dan ECU. Nah, masih banyak sensor-sensor lainnya. Nantikan di seri berikutnya. Puncaknya, nanti kita akan melakukan setting ECU pada motor injeksi. Memang bisa? Tunggu saja waktunya. (www.otomotifxtra.com)

Translate »